Strategi SDM yang ‘High Investment for more Value’

Setelah minggu yang lalu dibahas 10 strategi bidang sumber daya manusia yang low budget tapi berdampak besar, sekarang kita bahas strategi pengembangan SDM yang memerlukan Investasi tinggi. Saya katakan di sini adalah investasi bukan biaya, karena meskipun dalam kenyataannya memerlukan biaya yang tidak sedikit tapi dari hasil investasi ini diharapkan bisa memperoleh dampak yang jauh lebih besar dari biaya yang dikeluarkan. Berikut ini adalah contoh 10 strategi yang dimaksud :

1. Merekrut Business Coach
Coach awalnya populer untuk melatih para atlit dalam mencapai prestasi tertingginya, dalam menghadapi kejuaran atau lomba suatu turnamen. Namum saat ini para coach sangat dibutuhkan pula untuk melatih para pebisnis sehingga bisa mencapai lompatan-lompatan yang jauh dari yang dibayangkan pebisnis itu sendiri.

Strategi ini saya tempatkan di no 1 karena relatif paling tinggi nilai investasinya, sekali pertemuan @2 jam bisa bertarif antara 3-10 juta.

2. Merekrut Executive Coach
Serupa tapi tak sama dengan business coach, kalo executive coach yang mereka latih adalah para executive di perusahaan yang kita bangun. Untuk tarif coach @2 jam di kisaran 2,5 juta-5 juta.

3. Merekrut Konsultan bisnis
Untuk keperluan penerapan strategi yang lebih detil mencakup aplikasinya, diperlukan seorang konsultan yang lebih expertis dibidangnya. Misal untuk membangun Brand lebih dibutuhkan seorang Brand Consultant, begitu juga untuk sistem karir di perusahaan diperlukan seorang konsultan SDM yang lebih berpengalaman dibidangnya. Biaya seorang konsultan tergantung negosiasi dan kontrak.

4. Kuliah di Magister Managemen
Pengalaman saya kuliah di salah satu sekolah tinggi manajemen terkemuka di Jakarta, di sana banyak sekali bertemu dengan rekan-rekan executive puncak yang dikirim dari perusahaan multinasional, artinya untuk meningkatkan daya saing perusahaan bisa menyekolahkan team bisnis ke sekolah menajemen. Biaya untuk mencapai 100-200 juta perprogram sampai lulus.

5. External Training
External Training dilakukan untuk menambah kompetensi karyawan, biaya untuk program ini berkisar 1-2 juta perhari program. Jumlah hari tergantung dari kompetensi yang ingin dikuasai.

6. Member Forum bisnis
Untuk meningatkan networking dan meng update pengetahuan, bergabung di forum bisa menjadi solusi terbaik. Biaya program ini berkisar antara 5-10 juta pertahun member dengan 12 kali pertemuan setahun.

7. Celebration
Ini adalah momen untuk penghargaan terhadap karyawan dan pencapaian prestasi perusahaan. Bisa diadakan 1-2 kali setahun. Biaya acara ini cukup besar namum bisa menambah kebanggaan karyawan yang berprestasi.

8. Tur ke luar negeri
Ini adalah hadiah yang cukup wow yang bisa diberikan kepada team terbaik yang mancapai target. Tour merupakan experience yang lebih membekas dibandingkan dengan hadiah uang.

9. Commando Millitary Camp
Ini adalah acara team building yang dilatih oleh militer, tujuan utamanya adalah membangun disiplin dan kepemimpinan team menjadi persisten dalam menjalankan tugas dan tantangan

10. Membaca buku impor
Dunia bisnis tidak ada yang statis, karena itu team harus selalu mengikuti perkembangan terbaru dengan membaca referensi terbaru juga, dan hal ini biasanya terdapat dalam buku-buku import terbaru.

Strategi di atas lebih kepada pengalaman riil yang pernah saya lakukan sendiri di dalam pengembangan SDM, tentunya menyangkut harga yang tercantum bisa bervariasi di tempat lain. Oleh karena itu harus sangat diperhatikan risiko yang terjadi apabila hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Karena boleh jadi seseorang tau cara penjadi pemenang, tapi tak seorangpun bisa menjamin bahwa dia akan jadi pemenang.

Teguh Wibawanto
Direktur Kerjasama Eksternal TDA
17 januari 2014